Identifikasi Proses PPL - Tugas Pertemuan 2 PPL
Nama : Tigo S Yoga
NRP : 5025211125
Kelas : PPL A
Identifikasi Proses PPL
Referensi :
Definisi DPPL
DPPL atau Software Design Description (SDD) adalah dokumen yang mendeskripsikan arsitektur, komponen, antarmuka, dan detail lain dari suatu sistem perangkat lunak yang akan dibangun. DPPL berfungsi sebagai blueprint atau cetak biru yang digunakan oleh tim pengembang selama proses pengembangan perangkat lunak.
Tujuan DPPL
- Panduan Pengembangan: Memberikan panduan rinci untuk implementasi sistem.
- Dokumentasi Referensi: Menyediakan referensi untuk pengembangan, pengujian, dan pemeliharaan.
- Komunikasi yang Efektif: Memfasilitasi komunikasi antar anggota tim dan pemangku kepentingan.
- Mengurangi Risiko: Mengidentifikasi dan mengatasi risiko desain dan implementasi pada tahap awal.
- Konsistensi dan Kualitas: Menjaga konsistensi desain dan meningkatkan kualitas serta keandalan sistem.
Analisis DPPL
Desain Arsitektur
- Pegawai memasukkan data stok produk dan memeriksa informasi stok produk melalui Cek Stok Produk.
- Pelanggan melakukan pemesanan produk dengan mengisi Form Pemesanan yang kemudian diproses oleh Pemesanan Produk.
- Pemesanan Produk memproses permintaan pemesanan dan berinteraksi dengan Daftar Pesanan untuk mencatat semua pesanan.
- Pembeli melakukan pembayaran untuk produk yang dipesan, yang kemudian diproses oleh Proses Transaksi.
- Proses Transaksi mengelola data produk dan harga, memproses pembayaran, dan mengirimkan konfirmasi pembayaran serta informasi produk kepada pembeli.
Diagram ini menggambarkan interaksi antara pegawai, pelanggan, dan pembeli dengan sistem penjualan produk, serta bagaimana data produk, pesanan, dan transaksi dikelola dan diproses dalam sistem.
Desain Struktur Data
Desain basis data terdiri dari tabel cart, detailorder, produk, kategori, pembayaran, konfirmasi dan login. Hal diperlukan untuk mendukung proses penjualan hewan qurban dan aqiqah, termasuk manajemen produk, kategori, keranjang belanja, pesanan, pembayaran, dan konfirmasi pembayaran. Hubungan antar tabel dirancang untuk memastikan integritas data dan memudahkan pelacakan serta pengelolaan transaksi oleh pengguna dan admin.
Desain Antarmuka
Halaman utama
Halaman pelanggan
Halaman transaksi
Diagram algoritma tersebut menggambarkan alur proses dalam aplikasi penjualan produk, dimulai dari input data stok oleh pegawai hingga pengiriman produk kepada pembeli. Proses dimulai dengan pegawai menginput data stok produk, kemudian sistem memeriksa ketersediaan stok saat pelanggan memesan produk. Pegawai juga dapat memeriksa stok produk dan pelanggan mengisi formulir pemesanan. Sistem memproses pesanan, mengupdate daftar pesanan, dan kemudian memproses transaksi pembayaran. Setelah itu, sistem memverifikasi pembayaran, mengupdate data transaksi, dan mengirim konfirmasi pembayaran beserta produk kepada pembeli, sebelum akhirnya proses selesai.
Komentar
Posting Komentar